Paparan Gubernur Sumatera Selatan tentang Innovative Government Award (IGA) 2021
25 November 2021 (15:02:16)

703

Palembang, Pada tanggal 23 November 2021 bertempat di Griya Agung, Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru melakukan paparan Innovative Government Award Tahun 2021 di hadapan Tim Penilai yang dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Bidang hukum dan Kesatuan Bangsa Kemendagri sekaligus Plh. Kepala Balitbang Kemendagri Bapak Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro, S.Si., M.Si., MA.

Bapak H. Herman Deru menyampaikan bahwa pada Tahun 2021 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah telah menginput sejumlah 267 inovasi pada aplikasi IGA. Inovasi Daerah yang ada di diseminasikan melalui program Inovatif yaitu : One Day One Innovation yang ditayangkan setiap hari dengan inovasi yang berbeda.

Beberapa contoh Inovasi yang ditampilkan seperti :

  1. Inovasi Unggulan Urusan Lingkungan Hidup “SIPAKAR HUTAN/SONGKET” (Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu).
  2. Inovasi Urusan Infrastruktur : SIIKON (Sistem Informasi Infrastruktur Konektifitas).

Terdapat 267 inovasi daerah yang diinput kedalam aplikasi IGA dan diimplementasikan  sejak 2019 berjumlah 143 inovasi dan tahun 2020 sejumlah 124 inovasi.

Disebutkan beberapa inovasi yang telah direplikasi antara lain :

  1. Inovasi Rindu Capil (Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil) direplikasi oleh Prov. Bangka Belitung.
  2. Simata Papi (Sistem Informasi Pemanfaatan Data Pencatatan Sipil) direplikasi oleh Kabupaten PALI.
  3. Pengalengan Pangan Lokal direplikasi oleh Kabupaten Kabupaten Ogan komering Ilir, Lahat, Palembang.
  4. Budi Sejati Lambat Konser (Budidaya Tanaman Semusim Pada Lahan Gambut Untuk Konservasi) direplikasi oleh Kabupaten Ogan komering Ilir.

Foto Berita

2145
2147
2148