Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Menyampaikan Sambutan Mewakili Gubernur Sumatera Selatan Pada Acara Dies Natalis ITERA ke-7 di Bandar Lampung
9 Oktober 2021 (08:00:44)

680

Bandar Lampung, pada tanggal 06 Oktober 2021, bertempat di Aula Gedung Kuliah Umum Lt. 4 ITERA, Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan sambutan mewakili Gubernur Sumatera Selatan pada acara Dies Natalis ITERA ke-7. Pada acara Dies Natalis ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika ITERA mulai dari Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Dosen dan Para Mahasiswa. Acara ini juga disiarkan secara Live ke seluruh Indonesia melalui Zoom yang juga diikuti oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ketua MPR RI, Bapak Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan pejabat lainnya. Hadir juga Gubernur yang diwakili oleh Wakil Gubernur, para bupati (diwakili), Forkopimda, para kepala OPD, serta masyarakat sebagai penghasil teknologi inovatif.

Dalam sambutan Bapak Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan selamat kepada ITERA yang telah memasuki usia ke 7 (tujuh) tahun. Menurut Bapak Gubernur, Perguruan Tinggi bertanggung jawab menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perguruan Tinggi bertanggungjawab meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menjawab kebutuhan bangsa Indonesia. Pendidikan mempunyai peran yang strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global. Oleh karenanya, Pemerintah terus bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan, karena pendidikan adalah kunci dalam pembangunan bangsa serta berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. Pendidikan juga berperan dalam mewujudkan masyarakat terpelajar yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat yang maju, mandiri, demokratis, sejahtera, dan bebas dari kemiskinan. 

Selanjutnya, Bapak Gubernur menyampaikan dalam sambutannya bahwa terkait upaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global, Pemerintah tidak pernah berhenti untuk mengajak dan mendorong perguruan tinggi untuk terus kreatif, inovatif dan konstruktif mendesain perkuliahan, sebagai bahan pembekalan dan pembelajaran kepada mahasiswa. Tanpa kesadaran seperti ini, maka kita hanya akan memproduksi kuantitas lulusan yang miskin keterampilan dan kreativitas. Untuk itu Bapak Gubernur mengharapkan kepada civitas akademika agar terus belajar dan membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk terus “bertahan” dalam menjalani hidup dan kehidupan.

Pada kegiatan Dies Natalis ke-7 ini Bapak Presiden dan Bapak Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek juga menyampaikan sambutannya yang ditayangkan melalui Aplikasi Zoom. Sementara itu, Bapak Rektor ITERA menyampaikan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh ITERA selama 7 tahun yang dapat dibaca dalam buku yang diluncurkan bersamaan dengan Dies Natalis berjudul “7 tahun Institut Teknologi Sumatera, Merdeka Belajar, Bersama ITERA menuju Generasi Emas Indonesia”. Selain itu disampaikan juga penghargaan bagi putera puteri terbaik yang juga melibatkan berbagai profesi seperti Bupati Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Penghargaan juga disampaikan kepada Almarhum Rektor Pertama ITERA Bapak Ofyar Zainuddin Tamin. Di akhir acara dilaksanakan peresmian gedung/ruangan: hall of fame, prasasti memori, rumah ibadah multi agama, teropong bintang dan gedung laboratorium teknik 5.

Foto Berita

2026
2027
2028
2029