Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Melakukan Benchmarking ke PT.Great Giant Pineapple Lampung Tahun 2021
8 Oktober 2021 (17:33:04)

679

Lampung – Pada Tanggal 4 Oktober 2021 Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan melakukan benchmarking ke PT Great Giant Pineapple (GGP) Lampung. Berdiri sejak 1979, GGP tumbuh menjadi produsen nanas terbesar ketiga di dunia yang memproduksi nanas kalengan dan minuman sari nanas. GGP mengelola lebih dari 30.000 hektar perkebunan di Lampung, dengan mayoritas produksi diekspor ke luar negeri.

GGP memiliki lima divisi utama dalam lini produksinya, yakni Can Making, Drum Making, Cannery, Labeling, dan Juice. Dari hulu ke hilir, GGP menjadi produsen nanas terdepan dalam hal kontrol kualitas, penelusuran produk, dan kesinambungan lingkungan dengan sistem pengelolaan limbah yang dikelola dengan baik.

Acara benchmarking ini dipimpin langsung oleh Asisten bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes bersama tim. Rombongan diterima langsung oleh Bapak Corporate Affairs Director PT Great Giant Pineapple (GGP), Welly Soegiono dan tim manajemen PT GGP Lampung di ruang training center.

Benchmarking ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan buah nanas dari proses hulu (plantation) sampai ke hilir produk (packaging and labeling). Direncanakan Provinsi Sumatera Selatan melalui Balitbangda akan mengembangkan produk olahan buah nanas kaleng mengingat di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Prabumulih merupakan produsen nanas terbesar di Sumatera Selatan. Produk olahan nanas kaleng Prabumulih diharapkan bisa meningkatkan nilai jual buah nanas dan bisa menjadi produk kaleng yang kompetitif dipasaran dalam daerah ataupun luar daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Foto Berita

2023
2024
2025