Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Melakukan Benchmarking ke PKK Agropark Lampung Tahun 2021
8 Oktober 2021 (17:28:05)

678

Lampung – Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Balitbangda Prov. Sumsel) mengadakan benchmarking ke PKK Agropark Lampung.

Acara benchmarking ini dipimpin langsung oleh Asisten II bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes bersama tim Balitbangda Prov. Sumsel. Rombongan diterima langsung oleh Bapak Gunadi dan tim manajemen pengelola PKK Agropark Lampung.

Benchmarking dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan manajemen dan teknis dalam pengelolaan Agropark yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung. PKK Agropark Lampung memiliki luas ± 10 Hektar dan telah ditanami berbagai sayuran, buah-buahan, dan peternakan dengan sistem terintegrasi (integrated farming system). Manajemen dikelola oleh PKK Provinsi Lampung dan UPTD. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dengan sumber daya manusia sebanyak 11 orang. Dalam proses pembangunan dan pengembangan PKK Agrotechno Park Lampung melibatkan  unsur akademisi, organisasi perangkat daerah, swasta dan stakeholder terkait. Dengan adanya kebun PKK Agropark ini selain dijadikan tempat swafoto diharapkan juga dapat menjadi sarana wisata dan edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini sejalan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki kawasan serupa yaitu Sriwijaya Science Tehno Park (SSTP) yang dikelola Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumsel yang berlokasi di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dengan luas 100 hektar yang telah diresmikan oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru pada tanggal 27 Februari 2021. Bapak Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengharapkan dengan adanya SSTP ini dapat menjadi pusat penelitian dan agrowisata edukatif yang mendukung kemajuan sektor pertanian dan peternakan di Provinsi Sumatera Selatan agar terwujud “SUMSEL MAJU UNTUK SEMUA”.

Foto Berita

2020
2021
2022