Kunjungan Lapangan Tim Balitbangda Provinsi Sumsel dan Tim Kajian Bidang Peternakan Dewan Riset Daerah Provinsi Sumsel
25 Juni 2021 (08:25:10)

655

Tim Balitbangda Provinsi Sumsel dan Tim Kajian Bidang Peternakan Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Selatan, melakukan kunjungan lapangan  ke PT. Indo Prima Beef Provinsi Lampung dan diterima langsung oleh drH. Nanang Purus Subendro (pemilik perusahan).  Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang konsep peternakan sapi yang lebih efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan swasembada daging yang akan diterapkan di  Sumatera Selatan.

PT. Indo Prima Beef (PT. IPB) berlokasi di Desa Terbanggi Besar, Kecamatan Bandar Jaya Provinsi Lampung,   berdiri pada tahun 2014 dan merupakan perusahaan peternakan yang bergerak dibidang penggemukan sapi, pemberdayaan peternak sapi,  tempat pelatihan dan magang,  serta sebagai  tempat wisata murah bagi masyarakat.  Perusahaan ini didukung sumber daya alam, peralatan yang modern, bibit berkualitas dan SDM yang kompeten dibidangnya.  Perusahaan IPB memiliki 2 kandang inti dengan kapasitas Kandang I : 3.500 ekor , Kandang II: 6.500 ekor, serta kandang plasma dengan  Kapasitas ; Kopkar Gunung Madu : 1500 ekor ( 400 anggota),  Pasa Jaya : 700 ekor ( usaha keluarga),  Samodra biru langit : 600 ekor ( 20 anggota).

Menurut drH. Nanang Purus Subendro selaku Ketua PDHI Cabang Lampung dan pemilik PT. IPB Lampung, Bisnis penggemukan (fattening)  punya multiplier effect yaitu mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat di sekitar. Diantaranya, menyerap banyak tenaga kerja, misalkan dengan memberdayakan masyarakat sekitar untuk memasok kebutuhan hijauan yang sampai 10 ton per hari. Untuk membuat usaha peternakan menguntungkan perlu perubahan paradigma bahwa: Pemeliharaan sapi secara intensive jauh lebih menguntungkan dibanding dengan pemeliharaan tradisional.

Foto Berita

1911
1912
1913
1914