Kunjungan Kepala Badan Litbang dan Tim DED PU Perkim ke BPTU Sembawa dalam rangka menyesuaikan perencanaan dalam penataaan kawasan Science Techno Park (STP)
27 Juli 2020 (10:23:19)

542

BPTU Sembawa, 15 Juli 2020 bertempat di ruang rapat  BPTU HPT Sembawa Kabupaten Banyuasin, diadakan Rapat/Diskusi antara Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan (DR. Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes, BPTU Sembawa (Ir Bagong Kusminandar), UPTB STP (Ir. Epina Cornelly, MT) dan Tim Teknis PU Perkim ( Zulkarnain ST, M.Sc) serta Konsultan Perencana  Penataan Kawasan STP.

Pertemuan dan diskusi dihadiri oleh lebih kurang 15 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala BPTU HPT Sembawa didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Derah Provinsi Sumatera Selatan DR.Ekowati Retnaningsih, SKM, M.Kes. Kaban Litbangda menyampaikan bahwa Balitbangda melalui UPTB STP Sumsel ingin menjadikan  STP sebagai kawasan yang mempunyai fungsi sebagai tempat transfer teknologi, demplot, wisata edukasi yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung, selain sebagai tempat penelitian bidang pertanian ( sayuran, taman buah, bunga hias), peternakan dan perikanan. Kepala BPTU HPT Sembawa menyampaikan bahwa untu kawasan peternakan beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sumber air, penataan kandang, padang gembala, kebun hijauan dan pengolahan pakan.

Dengan informasi dan arahan tersebut  di atas  perlu dilakukan penyelarasan dalam pengembangan STP kedepan dengan melakukan Penataan Kawasan Science Techno Park di bidang peternakan, Pertanian, Taman bunga, hortikulur dan juga mencari sumber air dengan memanfaatkan embung-embung air yang ada selain sumberdaya air yang sudah ada.  Penataan Kawasan harus mempertimbangkan indikator yang ingin dicapai dan melihat kondisi yang ada, sehingga  menghasilkan penataan kawasan yang baik.

Pada akhir diskusi dan kunjungan lapangan disepakati bahwa TIM perencana DED kawasan STP  diharapkan dapat merobah tampilan dan menjadikan STP sebagai tempat pendidikan, penelitian  juga sebagai tempat Pariwisata bagi Provinsi Sumatera Selatan.

Foto Berita

1461
1462
1463