Penyerahan Bantuan Sosial Kerajinan Anyaman Purun
12 Oktober 2018 (16:13:05)

477

Dalam  rangka upaya penanggulangan kemiskinan yang terorganisir dan efektif, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) merumuskan Program Gerakan Terpadu Serentak Semesta Menuju Rumah Tangga Mandiri (GERTAK SEJUTA MANDIRI).  Program ini merupakan suatu pergerakan terencana dan sistematis oleh seluruh elemen masyarakat secara bersama, bersatu dan kompak dalam rangka percepatan penanggulangan Sumatera Selatan. Balitbangda Sumatera Selatan berupaya mengentaskan kemiskinan melalui kegiatan Pendampingan Pasca Inovasi untuk Penduduk Miskin. Kegiatan diwujudkan dalam bentuk  Pelatihan Peningkatan Nilai Tambah Kerajinan Purun dan Pemberian Bantuan sosial bahan dan peralatan kerajinan. Lokasi kegiatan di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI. Pemilihan lokasi dan masyarakat berdasarkan data by name by address pada Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2015 dengan jumlah peserta pelatihan 40 orang yang berasal dari 2 (dua) desa  yaitu desa Menang Raya dan Pedamaran 6 Kecamatan Pedamaran.

Pelatihan dilaksanakan di ruang serba guna Kecamatan Pedamaran pada tanggal 16-18 Juli 2018 . Sedangkan penyerahan bantuan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2018. Pelatihan yang diajarkan meliputi : Pemilihan Bahan Baku, Pewarnaan, Desain dan anyaman. Produk yang dihasilkan dari Pelatihan ini berupa tas, cluth, goodybag dan topi. Narasumber pelatihan berasal dari YL handycraft Yogyakarta yang dipimpin oleh ibu Cornelia Lina Meiliasari.

Kegiatan yang dilaksanakan didukung oleh instansi pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir diantaranya : Balitbangda OKI, Dinas Sosial OKI, Dinas Koperasi,UKM dan Perindustrian, Badan Pemberdayaan Desa serta Badan Pemberdayaan Perempuan. Pihak masyarakat , pemerintahan desa dan kecamatan Pedamaran menyambut baik kegiatan ini dan bermaksud akan terus mengembangkan kerajinan anyaman purun sehingga terbentuk sentra kerajinan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat