Senam Prolanis dan Penyuluhan Kesehatan Peserta BPJS/JKN-KIS ‘Klinik Symponi Danarieva Medica’ di Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan
11 Oktober 2018 (12:31:34)

475

Sabtu Tanggal 6 Oktober 2018, Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan kunjungan dari tim Senam Prolanis Klinik Symponi Danarieva Medica yang dipimpin oleh Dr. Retno Danarsih, M.Kes. Kegiatan diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan penjelasan tentang keberadaan dan fungsi Kebun Raya Sriwijaya oleh Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan Ir. Lukitariati, Msi dan Kepala UPTB Kebun Raya Sriwijaya Zulkarnaen, SP,MM.

Kepala Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan didampingi Kepala UPTB Kebun Raya Sriwijaya Sumsel mengatakan salah satu alasan terpenting dibangunnya Kebun Raya Sriwijaya adalah sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan yang besar pada tahun 2015 yang lalu. Kebun Raya Sriwijaya merupakan lahan gambut yang rawan terjadi kebakaran di musim kemarau dan pada lokasi yang telah ditentukan dilakukan konservasi/penanaman IPPKH SKK Migas. Keberhasilan pengelolaan lahan gambut di Kebun Raya Sriwijaya ini bisa dijadikan contoh keberhasilan Sumatera Selatan dalam hal restorasi lahan gambut selain yang sudah kita lakukan di Sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir seluas ± 20 Ha.

Pimpinan Klinik Symponi Danarieva Medica Dr. Retno Danarsih, M.Kes bersyukur bisa datang dan melihat langsung Kebun Raya kebanggaan masyarakat Provinsi Sumsel yang di Launching pada Tanggal 27 Juli 2018 oleh Gubernur Sumatera Selatan periode 2013–2018. Kebun Raya Sriwijaya merupakan satu-satunya Kebun Raya pada lahan gambut, dengan tema tanaman obat dan tanaman lahan basah. Beliau mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dalam hal ini Balitbangda Provinsi Sumsel sebagai pengelola Kebun Raya Sriwijaya Sumsel yang telah berkerja keras membangun Kebun Raya Sriwijaya Sumsel.

Penyuluhan kesehatan juga dilakukan oleh Pimpinan Klinik Symponi Danarieva Medica, dan dilanjutkan dengan berbagai games, makan siang bersama dan kunjungan ke Taman Tematik Kebun Raya yaitu Taman Tematik Hias, Taman Tematik obat dan Taman Gambut.